Kamis, 16 Februari 2012

5 Tipe Teman Yang tak Perlu diajak Berteman


Berteman itu bagus, tapi jangan sampai salah pilih. Pertemanan itu harus berdasarkan kesetaraan, gak boleh ada yang merasa berhak menindas atau yang lebih berkuasa dari teman-temannya. Nih ada 5 tipe teman yang tak perlu diajak berteman,
1.        Teman yang dekat kalau sedang susah
Tipe teman yang kayak gini egois banget. Kalau lagi senang dia tidak mau diajak main. Kalau kamu lagi susah dan minta tolong, dia juga tak bisa dihubungi. Tapi begitu dia yang susah, eh mendadak deh dia jadi inget kamu. Biasanya dia gak pernah sms, eh sekarang dia sms kamu 5 kali sehari. Dia mungkin sadar, mungkin juga tidak sadar kalau dia adalah teman yang egois. Celakanya, kamu bisa jadi terbiasa dengan pola hubungan antara kalian yang tidak seimbang. Nggak bisa gitu dong. Kamu kan bukan tong sampah tempat dia membuang semua kotoran dalam hidupnya.
2.       Teman yang hanya dekat kalau kamu sepakat dengannya
Tipe teman satu ini ingin semua orang berpihak padanya. Dia tidak mau kalau kamu tidak setuju dengannya. Kalau kamu berani-beraninya tidak setuju, dia akan memperlakukan kamu dengan buruk. Mengatasi teman ini susah-susah gampang. Kamu harus bisa meyakinkan dia bahwa berbeda pendapat itu baik-baik saja kok, apa asyiknya berteman kalau tidak ada keberagaman kan? Nah, teman yang ngotot kalau kamu harus selalu setuju dengan pendapatnya, berarti tidka respek sama kamu. Dia seharusnya paham bahwa kamu juga punya opini dong.
3.       Teman yang marah ketika kamu membicarakan masalah antara kalian
Pertemanan tidak selamanya mulus. Ada masa-masa ketika kamu dan teman kamu punya masalah. Kalau masalah itu sampai mengganggu pertemanan kalian, tentu kalian harus mendiskusikannya, bukan? Ada tipe teman yang suka mengungkit masalah di antara kalian. Tapi begitu kamu yang mengungkitkannya, dia mulai bersikap aneh. Kalau gak membela diri, ya dia cuek bebek. Kayaknya Cuma dia yang berhak ngajak diskusi. Kok gitu sih? Gak adil banget.
4.       Teman yang keras kepala dan merasa benar setiap saat
Didunia ini ada aja orang yang merasa dirinya benar setiap saat. Dia gak meras kalau kadang-kadang dia bisa juga salah dan malah kadang-kadang jadi penyebab masalah. Teman kayak gini paling pinter deh menunjukkan kesalahan orang lain. Tapi jangan harap dia mau terima kalau kamu menemukan kesalahannya. Meskipun kamu punya bukti kuat. Sifat seperti ini sangat kekanakkan. Kebanyakan otrang seperti  itu memang dimanja dirumahnya dan mereka tak sadar kalau sifatnya bikin orang ilfill.
5.       Teman yang benci kamu karena latar belakang SARA
Teman yang kayak gini termasuk yang paling sulit untuk dihadapi. Kamu mungkin punya teman yang gak suka kamu karena kamu berasal dari suku bangsa tertentu, atau karena kamu menganut agama tertentu. Pokoknya SARA deh. Nah, setiap kali berselisih paham, dia akan mengungkit latar belakang itu. Tentu saja hubungan pertemanan kalian akan memburuk.

Apa yang harus dilakukan dengan teman yang berciri-ciri seperti itu? Sebaiknya kamu mengajak teman kamu itu untuk mendiskusikan masalah diantara kalian dengan  terbuka dan kepala dingin. Kalau dia teman yang baik, dia akan malu karena telah bersikap tak adil pada kamu. Kalau dia teman yang buruk, dia akan melogos marah-marah.
Don’t Worry, dunia ini sangat luas. Patah satu tumbuh hilang berganti. Carilah teman baru yang lebih pantas disebut teman.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Fatira Sari and Powered by Blogger.