Jumat, 17 Februari 2012

SPA: TERAPI AIR


Salah satu dari bermacam-macam perawatan kecantikan tubuh adalah yang disebut spa. Tapi apa tu spa dan bagaimana car kerjanya, mending dibaca sekarang!
Spa buat seluruh tubuh
1.    Rambut
Spa untuk rambut dikenal dengan sebutan hair spa. Perawatan ini udah bisa dan banyak disediain di salon-salon. Manfaat dari hair spa adalah mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan rambut, mulai dari rambut bercabang, kering berminyak, sampe ketombean. Hair spa gak beda jauh sama creambath, tapi selain menggunakan teknik pemijatan dipake juga ramuan herbal khusus.
2.    Wajah
Spa untuk wajah yaitu perawatanberupa facial. Perawatannya sendiri meliputi pembersihan di daerah leher dan wajah, pemijatan, totok, scrubbing, masker dan terakhir penguapan. Spa wajah bisa mengatasi masalah-masalah yang sering muncul di wajah, misalnya jerawat.
3.    Kaki
Buat kamu yang mempunyai masalah dengan kaki, mulai dari kaki bau, kulir kasar, dll, bisa cobain spa kaki atau foot spa. Perawatannya berupa pemijatan, pedicure, masker dan perendaman yang bisa membuat kaki kamu sehat dan cantik.
Tentang Spa
1.    Aromatherapy
Aroma, treatment yang dipake untuk merilekskan tubuh. Ada banyak jenis aromatherapy, diantaranya aromatherapy bath yang dipake saat berendam, aromatherapy massage dipake saat pemijatan dan room aromatherapy yang merupakan ruangan khusus yang dipenuhin aroma.
2.    Body mask
Body mask merupakan perawatan kulit menggunakan masker. Karena sifatnya yang dingin, biasanya dilakukan sesudah massage. Untuk masker bahan yang dipake yaitu buah-buahan, seperti bengkuang, tomat, wortel, dan alpukat.
3.    Ayurveda Treatment
Treantment yang berasal dari India ini, merupakan salah satu perawatan yang paling terkenal di dunia spa. Terapi ayurveda ini mempunyai pengaruh penting pada system kekebalan, mencegah penuaan dan kesehatan tubuh secara total. Bentuk perawatannya yaitu yoga, totok, dan berupa makanan.
4.    Jacuzzi
Buat kamu pengen ngilangin capek karena rutinitas sehari-hari. Kayaknya pas banget buat nyobain yang satu ini. Berendam di kolam yang mengeluarkan gelembung-gelembung udara. Jacuzzi merupakan slah satu bentuk hidroterapi. Treatment ini bisa ngurangin rasa capek.
5.    Natural Herbal
Bahan-bahan yang dipake buat treatment ini banyak berasal dari alam.  Mislanya utnuk mandi yang dipake akar wangi, temu giring, kunyit dan daun sirih. Sedangkan untuk lulur menggunakan temu giring, tepung beras, kunyit, temu kuning, temu lawak, dan daun kemuning. Spa jenis ini bikin kamu bebas dari bahan kimia.
6.    Pressotherapy
Terapi ini menggunakan semacam sepatu yang diisi udara. Kamu cukup duduk di kursi lalu memakia sepatu tersebut, karena bergerak terus ngikutin irama music so udara yang ada dalam sepatu bisa kosong lagi. Terapi ini  bertujuan menstimulasi darah dari kaki dan mendorong racun-racun yang ada di kaki untuk bergerak ke saluran pembuangan tubuh.
7.    Vichy Shower
Vichi Shower merupakan salah satu hydrotherapy yang berbentuk seperti pancuran air di mana tekanan dan suhu bisa diatur disesuaikan dengan kebutuhan. Treatment pemijatan pancuran air ini bisa membuat pikiran dan tubuh jadi lebih santai.
Manfaat spa
1.    Kulit tubuh menjadi halus, lembab dan lembut.
2.    Sirkulasi darah jadi lancar, mengurangi kejang dan kram.
3.    Pencernaan jadi lancar.
4.    Mengurangi kelelahan, pegel-pegel, sakit otot dan rematik.
5.    Mengurangi selulit dan stretchmark.
6.    Overall, spa bisa mengurangi stress dan pikiran jadi tenang.
Spa di rumah yuuk..
Bahan yang dibutuhkan:
1.    Daun asam jawa sebanyak 4 lembar, beras gelas, telur 2 butir dan madu
2.    Rendam beras selama semalaman. Lalu bilas beras yang udah direndam, dan tumbuk. Untuk hasil yang bagus, beras jangan diblender karena tumbukan yang kasar, pas buat scrubbing.
3.    Haluskan 4 lembar daun asam jawa. Setelah halus kemudian campur ke dalam beras yang udah ditumbuk. Aduk secara merata dengan telur.
4.    Untuk melakukan scrubbing, ambil kuas kemudian oleskan secara merata keseluruh rubuh.
5.    Setelah hampir setengah mongering, gosok secara perlahan-lahan sampe bahan tadi berjatuhan.
6.    Kemudian bilas badan dengan air hangat, lalu keringkan.
7.    Terakhir, setelah bersih. Oleskan tubuh dengan madu dan diamkan selama 5 menit, lalu mandi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Fatira Sari and Powered by Blogger.