Jumat, 10 Februari 2012

Etika ber-email

Ternyata bukan bertamu atau berbisnis saja yang puya etika, dan ber-email pun juga punya etika,,nih sedikit tentang etika ber-email, cekidot!!  ^^
1.       Selalu   tepat dan to the point
Maksudnya adalah jangan menulis email terlalu panjang dari yang seharusnya.Jika kita terlalu panjang menulis email  si pembaca email tersebut akan merasa jenuh karena email yang kita ketik terlalu banyak dan panjang.
Oleh karena itu kirimlah email dengan tepat dan to the point,agar si pembaca tidak merasa jenuh.
2.       Jangan lampirkan file yang tidak perlu
Jika anda akan mengirimkan file berlampiran(Attachment)yang besar,ini akan membuat si pembaca kesal dan marah.Maka dari itu janganlah sekali-kali  anda mengirimkan Attachment yang tidak di butuhkan oleh si pembaca.
3.       Jawab email pada saat itu juga
Usahakanlah untuk menjawab email pada saat   juga,agar para costumer tidak akan mengirimkan fax/surat ke perusahaan anda.
4.       Jangan menulis email dengan huruf besar
Jika anda menulis email dengan mengunakan huruf  yang besar-besar(capital),si pembaca akan mengartikan bahwa anda sedang marah-marah walaupun mungkin maksud anda bukan untuk marah-marah.
5.       Jadikan email sesuatu yang personal
Email yang bersifat personal adalah email yang akan anda ketik langsung dan merefleksikan jati diri.
6.       Gunakan layout yang benar
Karena membaca email lebih tidak nyaman dibandingkan membaca surat dari kertas maka dari itu  gunakanlah layout yang benar pada saat mengirim email
7.       Jangan pernah membalas email spam
Jika anda membalas email spam, apapun balasan anda akan membuat pengirim spam tahu bahwa email anda adalah email yang aktif. Hal ini akan membuat email anda semakin banyak menerima spam.
8.       Jangan pernah memforward email berantai, virus, email bohong (Hoaks)
Jangan pernah percaya dengan yang namanya email berantai. Jika anada menerima email berantai tersebut langsunglah hapus.
9.       Hati-hati menggunakan singkatan dan emotion
Untuk email bisnis hindari singkatan btw, karena belum tentu sipembaca anda mengerti  apa maksud dari singkatan tersebut.
10.   Baca dulu sebelum dikirim
Jika anda membaca email secara keseluruhan terlebih dahulu, ini memungkinkan anda untuk melakukan koreksi seperlunya sebelum anda mengirimkan email tersebut.
11.   Jangan gunakan email untuk berdiskusi tentang sesuatu yang rahasia
Bayangkan jika ini terjadi dan koresponden anda, sengaja atau tidak, memforwardnya ke orang lain tanpa sepengatahuan anda.
12.   Gunakan subjek atau judul secara benar
Selalu gunakan judul yang sesuai dengan isi email anda, agar sipembaca dapat mengerti.
13.   Jangan gunakan fasilitas high priority jika memang tidak diperlukan
Fasilitas penanda email sebagai email dengan  high priority diciptakan untuk email  yang memang butuh atensi di atas standar.
14.   Gunakan gramatik dan pengejaan yang benar + punktuasi yang nyaman
Email tanpa punktuasi yang nyaman, misalnya dengan kalimat yang sangat panjang tanpa koma atau titik akan sangat susah sipembaca mengerti makna tersebut.
15.   Hati-hati menggunakan html email
Jika anda mengirimkan email dalam format rich text HTML mail,kadangkala koresponden anda tidak bisa menampilkannya dengan benar dan dapat member kesan yang buruk terhadap  email anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Fatira Sari and Powered by Blogger.