Ternyata bukan bertamu atau berbisnis saja yang puya etika,
dan ber-email pun juga punya etika,,nih sedikit tentang etika ber-email,
cekidot!! ^^
1.
Selalu tepat dan to the point
Maksudnya adalah jangan
menulis email terlalu panjang dari yang seharusnya.Jika kita terlalu panjang
menulis email si pembaca email tersebut
akan merasa jenuh karena email yang kita ketik terlalu banyak dan panjang.
Oleh karena itu
kirimlah email dengan tepat dan to the point,agar si pembaca tidak merasa
jenuh.
2. Jangan
lampirkan file yang tidak perlu
Jika anda akan mengirimkan
file berlampiran(Attachment)yang besar,ini akan membuat si pembaca kesal dan
marah.Maka dari itu janganlah sekali-kali
anda mengirimkan Attachment yang tidak di butuhkan oleh si pembaca.
3. Jawab
email pada saat itu juga
Usahakanlah untuk
menjawab email pada saat juga,agar para costumer tidak akan mengirimkan
fax/surat ke perusahaan anda.
4. Jangan
menulis email dengan huruf besar
Jika anda menulis
email dengan mengunakan huruf yang
besar-besar(capital),si pembaca akan mengartikan bahwa anda sedang marah-marah
walaupun mungkin maksud anda bukan untuk marah-marah.
5. Jadikan
email sesuatu yang personal
Email yang
bersifat personal adalah email yang akan anda ketik langsung dan merefleksikan
jati diri.
6. Gunakan
layout yang benar
Karena membaca
email lebih tidak nyaman dibandingkan membaca surat dari kertas maka dari
itu gunakanlah layout yang benar pada
saat mengirim email
7. Jangan
pernah membalas email spam
Jika anda
membalas email spam, apapun balasan anda akan membuat pengirim spam tahu bahwa
email anda adalah email yang aktif. Hal ini akan membuat email anda semakin
banyak menerima spam.
8. Jangan
pernah memforward email berantai, virus, email bohong (Hoaks)
Jangan pernah
percaya dengan yang namanya email berantai. Jika anada menerima email berantai
tersebut langsunglah hapus.
9. Hati-hati
menggunakan singkatan dan emotion
Untuk email
bisnis hindari singkatan btw, karena
belum tentu sipembaca anda mengerti apa
maksud dari singkatan tersebut.
10. Baca
dulu sebelum dikirim
Jika anda membaca
email secara keseluruhan terlebih dahulu, ini memungkinkan anda untuk melakukan
koreksi seperlunya sebelum anda mengirimkan email tersebut.
11. Jangan
gunakan email untuk berdiskusi tentang sesuatu yang rahasia
Bayangkan jika
ini terjadi dan koresponden anda, sengaja atau tidak, memforwardnya ke orang
lain tanpa sepengatahuan anda.
12. Gunakan
subjek atau judul secara benar
Selalu gunakan
judul yang sesuai dengan isi email anda, agar sipembaca dapat mengerti.
13.
Jangan gunakan fasilitas high priority jika memang tidak
diperlukan
Fasilitas penanda
email sebagai email dengan high priority diciptakan untuk
email yang memang butuh atensi di atas
standar.
14. Gunakan
gramatik dan pengejaan yang benar + punktuasi yang nyaman
Email tanpa
punktuasi yang nyaman, misalnya dengan kalimat yang sangat panjang tanpa koma
atau titik akan sangat susah sipembaca mengerti makna tersebut.
15. Hati-hati
menggunakan html email
Jika anda
mengirimkan email dalam format rich text HTML mail,kadangkala koresponden anda
tidak bisa menampilkannya dengan benar dan dapat member kesan yang buruk
terhadap email anda.
0 komentar:
Posting Komentar