Kamis, 16 Februari 2012

Buah-buahan ahlinya cegah penyakit


Dari berbagai macam buah , kita bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk tubuh kita. Buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang apda umumnya sangat baik untuk konsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sis harga umumnya jauh lebih murah. Selain menyegarkan, menyehatkan, buah-buahan juga bisa bikin kulit kamu cerah, yang pasti daya tahan tubuh kamu jadi lebih kuat. Berikut adalah rincian tentang buah-buahan yang ok banget.
1.    Buah jeruk
Jeruk mengandung vitamin A, B1, B2, dan C. secara umum buah jerk kaya vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh, yang terkandung dalam jeruk manis, setiap 100 g terdapat kalori 51 kal, protein 0.9 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 11.4 g, mineral 0.5 g, kalsium 33 mg, fofor 23 g, besi 0.4 mg dan asam askorbat 49 mg. selain kaya gizi, zat kimia yang terkandung di dalamnya seperti bioflanid, minyak atsiri limonene, asam sitrat, linanin asetat, dan fellandren dipercaya dapat menymbuhkan batuk, dan menurunkan demam.
2.    Jambu biji
Di antara berbagai jenis buah, jambu biji mengandung vitamin C yang paling tinggi dan cukup mengandung vitamin A. dibandingkan buah-buahan lainnya, kandungan vitamin C jambu niji 2 kali lipat. Vitamin c ini sangat baik sebagai zat antioksidan. Sebagian besar vitamin C jambu biji terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal, jambu biji juga kaya serat, khususnya pectin (serat larut air), yang dapat digunakan untuk bahan pembuat gel atau jeli. Disamping itu, manfaat jambu biji untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mencegah munculnya kanker, memperkuat daya tahan tubuh dari serangan penyakit, meningkatkan kesehatan gusi, gigi dan pembuluh kapiler serta membantu penyerapan zat besi dan penyembuhan luka. Jambu biji juga berkhasiat sebagai anti radang dan anti diare.
3.    Blackcurrant
Sekarang buah ini lagi laku banget di Amerika, karena blackcurrant mengandung antioksidan, vitamin C, dan zat besi.buah yang mirip banget kayak anggur ungu ini juga mengandung anthocyanin yang bisa membantu badan kita melawan penyakit kayak kanker dan Alzheimer, buah ini juga dapat membersihkan dan memperlancar peredaran darah. Selain itu, blackcurrent mengobati infeksi saluran pernapasan, infeksi kandung kemih dan saluran kemih. Tapi sayangnya di Indonesia Cuma ada the dengan rasa blackcurrent, atau dalam bentuk minuman. Jadi agak sulit untuk dapetin buah aslinya, padahal manfaatnya bagus banget.
4.    Apel
Apel mengandung antioksidan yang menurunkan kolesterol jahat, menyehatkan paru-paru, menjadi zat anti kanker dan melindungi tubuh dari serangan virus seperti flu. Apalagi buat cewek-cewek buah apel penting banget, karena selain mempercantik kulit, juga mengurangi nafsu makan yang terlalu besar.
5.    Leci
Terkenal dengan buah yang eksotik, kaya akan vitamin. Permukaan kulit buah yang berbintil-bintil, begitu dibuka dagingnya berwarna putih bening dan mengandung air yang banyak.dibalik rasanya yang sangat manis dengan aroma harum yang khas, leci merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik dan juga mengandung berbagai bahan kimia yang bermanfaat bagi tubuh. Selain kandungan protein, lemak, vitamin C, fosfor dan zat besi, buah leci mengandung sukrosadan glukosa yang melimpah. Mengkonsumsi buah leci apada malam hari dapat menambah cadangan energy untuk kesehatan harinya, berkhasiat menghaluskan kulit, memperkaya darah dan meningkatkan kekuatan fisik. Bagus banget dikonsumsi buat kamu yang sering capek karena terlalu banyak kegiatan.
6.    Strawberry
Karena warna dan rasanya yang sweet banget, buah ini dijadikan lambing cinta oleh masyarakat Yunani kuno. Selain itu, buah ini dapat menyusutkan kadar kolesterol, membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya, meredam gejala stroke, mengandung zat anti alergi dan anti radang. Konsentrasi tujuh zat antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh karena radikal bebas sehingga mengurangi proses penuaan. Buah ini kaya akan vitamin C, kalau kamu makan secara teratur dapat menghaluskan kulit dan member warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih, dan mencegah terjadinya keriput.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Fatira Sari and Powered by Blogger.