Jumat, 17 Februari 2012

Pertanda apakah tanda lahir itu


Banyak mitos beredar mengenai tanda lahir. Salah satu mitos menyatakan bahwa tanda lahir merupakan lambing keinginan ibu yang tidak terpenuhi, mitos lainnya mennyebut tanda lahir adalah efek dari makanan yang dikonsumsi selama ibu hamil, ada juga mitos yang bilang tanda lahir merupakan efek kelahiran yang traumatis. Sedangkan faktanya tidak sesensasional itu. Tanda lahir bukanlah kesalahan bunda mengandung dan bukan merupakan penyakit menular. Beberapa tanda lahir berikut ini:
1.    Bintik-bintik kopi susu(cafe au lait spot)
Jenis tanda lahir ini berupa titik-titik berwarna kopi susu yang bisa muncul dibagian tubuh manapun. Titik-titik yang halus dan berbentuk pudar umumnya ditemukan dibagian dada atau tubuh bagian bawah. Beberapa anak memiliki beberapa tanda lahir ini sekaligus. Bintik-bintik kopi susu tidak berbahaya meskipun tidak bisa dihilangkan. Namun demikian jika jumlahnya sangat banyak, bisa jadi itu merupakan pertanda penyakit syaraf yang harus dicek ke dokter.
2.    Bercak biru Mongolia
Tanda lahir yang satu ini rata, seperti memar, dan umumnya muncul dibagian bawah. Jenis tanda ini lebih sering ditemukan pada bayi yang berkulit gelap. Warnanya bervariasi dari biru, hitam, sampai abu-abu. Dalam beberapa tahun sejak bayi lahir, tanda ini akan berangsur-angsur menghilang.
3.    Tanda lahir pembuluh
Tanda lahir ini merupakan bentuk kelainan pembuluh darah serta pembuluh kapiler didekat kulit. Kelainan ini timbul bisa karena pembuluh darah terlalu lebar atau karena jumlahnya terlalu banyak. Kedua kondisi ini mengakibatkan aliran darah yang sangat besar pada area tubuh tertentu sehingga terbentuklah kelainan kulit.
4.    Tahi lalat
Tahi lalat termasuk tanda lahir pigmen. Banyak orang berkulit putih yang memiliki sejumlah tahi lalat dibagian tubuhnya. Terutama berwarna cokelat atau hitam. Orang yang banyak tahi lalat berisiko terkena kanker kulit lebih tinggi dan karenanya harus berhati-hati terhadap paparan sinar matahari. Ada tahi lalat bawaan lahir yang ukurannya sangat besar sehingga menganggu penampilan. Tahi lalat semacam ini dapat dihilangkan oleh bedah dokter, namun demikian penghilang tahi lalat secara medis tidak dengan serta merta menghilangkan resiko terkena kanker kulit.   
5.    Bercak retina (macular stain)
Tanda lahir ini salmon patches (belang merah salmon), angel kisses (ciuman malaikat). Bentuknya rata berwarna pink atau merah yang terhimpun menjadi tanda lahir pembuluh. Tanda lahir yang tidak berbahaya ini umumnya muncul di wajah, kepala, leher, dan berangsur-angsur akan memudar sejalan pertambahan usia bayi.
6.    Bercak anggur Portugal
Inilah jeis tanda lahir yang paling parah dan menyusahkan karena warnannyia yang mencolok yaitu merah tua atau ungu.tanda lahir ini tidak mengancam kesehatan namun bisa berdampak pada bentuk wajah. Besarnya aliran darah ke area yang memiliki tanda lahir itu kadang menyebabkan kulit wajah meregang atau terdistorsi. Pertambahan usia kadang mengakibatkan bercak ini memiliki tekstur seperti kerikil sehingga mengganggu penglihatan dan cara berbicara.
7.    Hemanggiomas
Kelainan kulit satu ini bisa berbentuk benjolan atau tumbuh ke dalam. Warnannya merah dan umumnya bertekstur bintil-bintil. Kendati kebanyakan tidak berbahaya, hemanggiomas yang muncul di dekat ajah atau kepala bisa mempengaruhi pernapasan serta penglihatan.





0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Fatira Sari and Powered by Blogger.