Kamis, 16 Februari 2012

MAEN SKATEBOARD


Kamu salah satu penggemar skateboard? Jangan anggap enteng sama olahraga yang satu ini. Butuh teknik tinggi loh memainkannya. Nggak segampang seperti yang kamu lihat. Memang skateboard lebih dikenal sebagai permainan dibanding olahraga mungkin karena itulah hanya segelintir kelompok saja yang menggelutinya. Tapi bagi para pecintanya, olahraga ini jadi sarana mengekspresikan gaya hidup.
Sejarahnya
Sekedar informasi, skateboard adalah salah satu keluarga besar dari olahraga ekstrim di dunia. Skateboard  pertama kali ditemukan pada pertengahan tahun 1950, seiring dengan perkembangan era surfing di daerah California, Amerika serikat. Pertama kali muncul, skateboard masih diciptakan oleh tangan manusia dan terbuat dari kayu yang digabungkan dengan ban sepatu roda dan disambungkan oleh trucks dari sepatu roda juga yag sangat tebal dan berat. Pada saat itu orang juga belum megenal ‘skateboard’, melainkan ‘kidewalk surfing’. Masa-masanya dimulai ketika Marty McFly menggunakannya dalam sebuah film yang berjudul “Back To The Future”, di sini Marty menggunakan media skateboard sebagai alat transportasinya. Di amerika khususnya perkembangan olahraga ini sangat pesat sejak kurang lebih tahun 70-an. Di Indonesia sendiri perkembangan olahraga skateboard baru sekitar tahun 80-an. Peminatnya semakin banyak lho meskipun kejuaraan skateboard di Indonesia sangat jarang. Biasanya, para skater dapat informasi tentang skateboard dari video atau majalah skateboard luar negeri.
Ilmunya
Skateboard dikenal sebagai olahraga individual. Dibutuhkan keterampilan, keberanian, feeling dan teknik tinggi saat bergaul dengan papan luncur beroda ini. Menurut para jagoan skateboard ada lima factor dasar yang harus dimiliki skateboarder. Antar lain kecepatan, teknik, berdiri, melompat di atas papan, dan memutar papan. Bila kelima hal itu sudah dimiliki, maka dengan mudah bisa menciptakan trik-trik baru lainnya. Selain itu, untuk menikmati permainan skateboard yang indah dan penuh gaya, diperlukan papan luncur yang berkualitas. Ada bermacam-macam papan luncur berdasarkan bahan dasar yang dipergunakannya, antara lain fiberglass dna kayu. Selain papan luncur, keberadaan luncuran (water boom) juga merupakan faktor penentu asyik atau tidaknya permainan skateboard. Ketinggian dan kelokan luncur skateboard juga beragam. Dari yang hanya setengah meter hingga mencapai puluhan meter. Ada hal lain yang harus kamu pertimbangkan sebelum benar-benar terjun di dunia skateboard, yaitu soal cedera. Terkilir, patah tuang sampai geger otak merupakan resiko skater. Tapi salutny nih, mereka seolah tidak memperdulikan soal cedera-cedera itu karena lebih memikirkan kepuasan saat bermain skateboard. Yang pasti, sebagai pemula, keberanian dan teknik harus dimiliki dan dipelajari dengan benar sehingga bisa meminimalisir cedera.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Fatira Sari and Powered by Blogger.