Minggu, 12 Februari 2012

Otak Juga Mempunyai Makanan Favorit

Ternyaata bukan tubuh saja yang punya makanan favorit otak juga punya lho….
1.        Karbohidrat
Otak mendapatkan asupan energy terbesar dari glukosa karbohidrat. Suplai glukosa yang stabil dibutuhkan untuk mempertahankan daya konsentrasi yang maksimal sepanjang hari, cara terbaik mendapatkannya adalah dengan memakan karbohidrat bukan hasil refinasi. Karbohidrat refinasi atau karbohidrat kompleks butuh waktu sangat lama untuk dicerna. Dapatkan karbohidrat dari beras merah, sayur mayur, pasta dari biji gandum utuh, dan bahan pangan lain yang mengandung serat.

2.       Vitamin B
Kelompok vitamin B ( terutama B1, B6, B12) sangat vital bagi kesehatan otak. B1 membantu transmisi sinyal-sinyal listrik dalam otak. B6 dibutuhkan untuk memproduksi serotonin ( yang bertugas memperbaiki suasana hati sehingga kita jauh dari depresi). B12 menjadi kulit pelindung bagisel-sel syaraf yang menghentikan gangguan listrik dalam otak. Dapatkan vitamin B1 dari kacang-kacangan, daging, telur, dan biji gandum utuh. Vitamin B6 terdapat dalam ikan, daging ayam, telur, kacang-kacangan serta biji gandum utuh. B12 diperoleh dari daging, ikan, produk makanan susu, telur, serta  ekstrak ragi

3.       Zat besi
Riset membuktikan bahwa defisiensi zat besi tahap ringanpun sudah mengurangi kemampuan anak. Sebaliknya, asupan zat besi yang memadai langsung memperbaiki daya konsentrasi, ketajaman mental, dan perkembangan kognitif. Temukan zat besi dalam daging merah, daun-daunan berwarna hijau tua, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4.      Air
Otak terdiri dari 80% air, ini berarti otak yang sehat harus selalu mendapat pasokan air. Jika otak sampai mengalami dehidrsai, proses belajar akan terganggu. Dengan setiap hari meningkatkan jumlah air kedalam otak kamu bisa memperbaiki konsentrasi dan daya ingat. Orang dewasa rata-rata butuh 2,5 air perhari.

5.       Lemak baik
Terlepas dari fakta bahwa kita harus membakar sejumlah lemak dari tubuh, setiap orang tetap membutuhkan lemak. Tentu saja bukan lemak sembarang lemak melainkan lemak yang berfaedah. Asal lemak berantai panjang yang terkenal dengan nama omega 3 dan omega 6 sangat dibutuhkan otak. Keduanya berfungsi sebagai blok pembangun selaput sel dalam otak. Omega 3 dan 6 membentuk 30% masa otak. Kasiat omega 3 dan 6 bisa diperoleh dari makanan seperti ikan salmon, ikan hering, sardine, dan tuna yang dimasak dengan minyak zaitun dengan ekstrak virgin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Fatira Sari and Powered by Blogger.