Senin, 06 Februari 2012

TRIK ATAU CARA MENJADI PELAJAR YANG SUKSES ( ORIGINAL RIFRIANI & FATIRA )


Meskipun gue belum lulus atau belum menjadi pelajar yang sukses, tapi gue belajar ini dari guru-guru yang mengajar tentang cara menjadi pelajar yang sukses selama ini. Dan gue dapat menyimpulkan beberapa diantaranya:
1.       Harus paham bukan sekedar mengahafal.
Maksudnya disini adalah kalo loe belajar itu jangan pake sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) atau SBT (Sistem Buka Tutup). Maksudnya sistem SKS disini adalah loe cuma belajar sehari sebelum ulangan atau lebih tepatnya malam sebelum ujian, sedangkan sistem SBP disini adalah pada saat ujian loe menyelinapkan buku atau catatan yang udah loe buat kalo pengawas ga merhatiin loe buka tapi kalo pengawas merhatiin loe tutup atau lebih tepatnya loe pura-pura mikir sambil larak-lirik depan-belakang, kanan-kiri, dan lain-lain.
2.       Harus membaca minimal 2 kali sehari.
Kebiasaan anak sekarang cuma pake sistem yang ada di nomor satu, kadang catatan yang udah ditulis lupa atau lebih tepatnya lagi males di baca, makannya guru sekarang banyak yang minta muridnya buat nulis ulang ke buku tulis padahal buat apa ada mesin fotocopy kalau kita harus cape-cape nulis lagi, alasannya sich paling ga murid-murid udah baca sekali dibanding harus fotocopy habis diterima ga tau pada kemana kertasnya, tapi gue setuju dengan pendapat ini seengganya ada yang nyangkut sedikit kalo udah dituis (hahaha curcol :)).
3.       Merangkum.
Banyak yang salah mengartikan bagian ini, biasanya murid-murid emang pada merangkum sebelum hari ujian tujuannya biar ngerjain soalnya gampang apalagi sebelum ujian guru-guru pada kasih kisi-kisi buat ujian dan itu sangat membantu buat yang mencontek dan ga mencontek (kayak gue contohnya, hahahaha).
4.       Membuat kata kunci.
Buat yang sulit untuk memahami materi lebih baik sich gue saranin untuk lebih sering pake bagian ini, tapi kata-kata kunci yang udah loe buat jangan loe salah gunakan untuk mencontek disaat ulangan.
5.       Pilih waktu yang belajar yang tepat.
Kalo udah deket hari-hari ujian atau ulangan gue saranin sich jangan stres, karena loe terlalu stres mikirin ujian sampe-sampe loe belajar terus dari pagi sampe siang, siang sampe sore, sore sampe malem, malem sampe pagi lagi. (Hah gue ja nyebutinnya sampe cape) Itu akan membuat loe semakin stres karena loe ga punya waktu buat otak loe istirahat. Dan pada akhirnya pada hari ujian semua materi yang ada di otak loe blank semua.
6.       Buat suasana belajar yang nyaman.
Dan gue saranin sich loe cari tempat yang senyaman mungkin buat loe belajar, jangan belajar di rumah kalo nyokap loe lagi marah-marah atau kondisi rumah lagi ga kondusif. Paling enak sich belajar di bawah pohon atau padang rumput (kalo ada deket rumah loe, kalo ga ada juga jangan maksain juga kale) asal jangan di bawah pohon duren sama pohon kelapa aja karena loe bakal tao akibatnya.
7.       Bentuk kelompok belajar.
Lebih baik loe bikin kelompok belajar kurang dari 10 orang jangan loe bikin kelompok belajar satu RT karena itu sangat mengganggu belajar loe. Dan usahain dalam kelompok belajar yang loe buat seengganya ada 2 orang yang pinter (murid yang diandelin guru) buat jadi mentor di kelompo belajar loe.
8.       Latihan sendiri.
Untuk mereview ulang pelajaran yang udah loe lakukan lebih baik loe kerjain soal yang ada di buku atau loe buat sendiri, loe kerjain dech semampu loe (kalo ga bisa jangan maksain juga kale ntar otak loe meledak lagi).
9.       Kembangkan materi yang telah didapat.
Maksudnya disini adalah ceritanya loe kan udah melakukan yang nomor 8 nich terus ada yang ga loe ngerti, loe tanya dech sama yang pinter atau lebih baiknya sich loe tanya sendiri sama guru yang bersangkutan. Dan kalo udah dapet caranya loe kerjain dech soal yang lain atau loe ajarin ke temen-temen loe yang ga ngerti (tenang aja loe ga akan rugi kok kalo loe ajarin temen loe, malah itu akan membuat loe selalu inget sama cara itu).
10.   Istirahat.
Nah bagian ini penting banget nich, otak loe juga butuh istirahat jangan loe forsir otak loe secara berlebih karena itu amat sangat tidak baik (tapi istirahatnya ga lebay juga kale, belajarnya cuma 2 jam istirahatnya 5 jam, hehehehe :))

Udah ah seperti yang ditulis dinomor 10 otak gue juga butuh istirahat, lagi pula otak gue juga udah mentok nich. Maaf kalo dalam artikel gue ada atau banyak yang tersinggung karena gue cuma menulis apa yang ada dipikiran dan uneg-uneg gue selama ini. Gamshahamnida (terima kasih).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Fatira Sari and Powered by Blogger.