Jumat, 17 Februari 2012

KEPUTIHAN NORMAL ATAU BAHAYA


Keputihan bukan hal yanga sing di telinga kaum cewek. Ada yang menganggapnya hal biasa, ada juga yang panic setengah mati. Apdahal, dua reaksi ini gak perlu ada kalo kamu udah tau keputihan seperti apa yang kamu alamin. Normal atau bahaya? Cari tau di sini..
Apa itu keputihan
Keputihan adalah cairan yang berlebihan yang keluar dari vagina alias miss V. cairan ini warnanya putih, hijau kekuningan, bahkan ada yang disertai darah. Kadar kentalnya gak juga beda-beda. Ada yang kental, ada yang cair dan ada yang berbusa. Semuanya tergantung dari keputihan itu.
Keputihan disebabkan oleh 2 hal, yaitu factor biologis (dalam keadaan normal) dan factor  patologis (karena penyakit). Keputihan ini juga tak mengenal batasan usia, muda dan tua, semuanya beresiko keputihan.
Kalo keputihan yang timbul karena penyakit gak diobati, bisa menyebabkan kemandulan, hamil di luar kandungan, bahkan kematian, karena keputihan juga bisa pertanda awal dari kanker rahim.
Ciri-ciri Keputihan
·         Keluar cairan berlebihan
·         Nyeri
·         Gatal
·         Panas
·         Sakit
·         Bau
·         (semua gejala ini terjadi pada miss V atau di sekitarnya)
Penyebab keputihan
1.    Jamur
Biasanya disebabkan oleh jamur candida albicans yang menyebabkan rasa gatal di sekitar miss V. keputihan akibat jamur ini berwarna putih kekuning-kuningan dengan bau yang khas. Keputihan jamur bisa diakibatkan oleh kehamilan, penggunaan pil KB, steroid, diabetes, obesitas, antibiotic, daya tahan tubuh rendah, dsb.
2.    Bakteri
Umumnya diakibatkan oleh bakteri gardnerella dan keputihannya disebut bacterial vaginosis dengan cirri-ciri cairannya encer dan warna putih keabu-abuan dan baunya amis. Keputihan akibat bakteri biasanya muncul saat kehamilan, gonta-ganti pasangan, penggunaan alat KB spiral atau iud dan lain sebagainya.
3.    Virus
Kutihan yang disebabkan oleh virus biasanya bawaan dari penyakit HIV/Aids, condyloma, herpes, dll yang bisa memicu munculnya kanker rahim. Keputihan virus herper menular dari hubungan seksual dengan gejala ada luka melepuh di sekeliling miss V dengan cairan gatal dan rasanya panas. Sedangkan condyloma memiliki cirri gejala ada banyak kutil tubuh dengan cairan yang bau.
4.    Parasit
Keputihan akibat parasit diakibatkan oleh parasit trichomonas vaginalis  yang menular dari kontak seks/ hubungan seks dengan cairan yang berwarna kuning hijau kental dengan bau tidak enak dan berbusa. Kadang bisa gatal dan membuat iritasi. Parasit keputihan ini bisa menular lewat tukar-menukar peralatan mandi, pinjam-meminjam pakaian dalam, menduduki kloset yang terkontaminasi,dsb.
Cara ngobatinnya
1.    Jaga kebersihan
Lagi-lagi soal kebersihan jadi isu utama kalo kita bahas tentang kesehatan. Yup, kebersihan emang berkaitan erat untuk nyembuhin keputihan. Bicara soal kebersihan emang bukan hal gampang, karena gak semua benda yang berhubungan dengan miss V berada di bawah pengawasan kita. Tapi setidaknya beberapa benda seperti handuk, celana dalam, tissue toilet, dan tempat duduk bisa kita awasi kebersihannya. Selain itu kamu juga kudu aware dengan temat-temat umum, seperti toilet umum.
2.    Jaga keseimbangan Ph
Miss V butuh keseimbangan Ph untuk memelihara ekosistem alaminya. Artinya, walaupun miss V harus selalu bersih, tapi bukan berarti kita bersihin semua kandungan yang ada di dalamnya. Miss V mengandung Ph alami yang harus dijaga, yaitu kandungan Ph yang bernilai antar 3.5-5.5. so, keseringan bersihin miss V apalagi pake sabun antiseptic ato sabun yang bisa ngerusak Ph alaminya justru bikin miss V lebih mudah diserang keputihan. Sebaiknya gunain produk khusus pembersih miss V, yang bisa menjaga keseimbangan Ph nya itu.
3.    Jaga kondisi tubuh
Kondisi tubuh juga jadi salah satu penyebab munculnya keputihan. Kurang tidur, kecapean, stress, pola hidup gak teratur, dan kondisi tubuh gak fit bisa bikin keputihan. Makanya, kalo pengen ngobatin keputihan, baiknya hidup secara teratur, sehat, dan tentu saja anti stress.
4.    Periksa ke dokter
Untuk keputihan yang udah parah (disebabkan penyakit atau udah menahun), sebaiknya periksa ke dokter dan konsultasi sampe tuntas. Gak perlu malu atau takut, karena kalo ditunda-tunda bisa makin bahaya dan lebih susah diobatin. Lagian masalah keputihan yang udah parah emang butuh penangan ahli loh.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Fatira Sari and Powered by Blogger.